Image default
Headline Kesehatan Komunitas Pemerintahan

Bantu Ciptakan Herd Immunity, AAL Serahkan 153 Vail Vaksin Astrazeneca pada Dinkes Lamongan

Surabaya, prestasijatim.com  – Dalam upaya membantu membangun Hard Imunity (Kekebalan Kelompok) terhadap paparan virus Covid-19, Akademi Angkatan Laut (AAL) melalui lembaga Penelitaian dan Pengabdian Kepda Masyarakat (LPPM) AAL, menyerahkan bantuan 153 vail Vaksin Astra Zeneca kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan, Kamis (17/6).

Penyerahan bantuan vaksin Astra Zeneca, 7 box Spuitt 0,5 dan 7 box alkohol swab ini, diserahkan Kepala PPM AAL, Kolonel Laut (KH) Dr. Muh Saikhu, S.Ag., M.A.P., CTMP mewakili Gubernur AAL, Mayor Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han) kepada Kepala UPT Instalasi Farmasi Dinkes Kabupaten Lamongan, Niken Wulandari, Amd.Farm., S.K.M. di Rumah Sakit Drg. Nainggolan, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya.

Kekebalan kelompok juga dikenal sebagai ‘kekebalan populasi’ lanjut Ka PPM AAL, adalah konsep yang digunakan untuk imunisasi, di mana suatu populasi dapat terlindung dari virus tertentu jika suatu ambang cakupan imunisasi tertentu tercapai.

Menurutnya, Kekebalan kelompok tercapai dengan cara melindungi orang dari virus, bukan dengan cara memaparkan orang terhadap virus tersebut, sehingga dengan bantuan ini diharapkan masyarakat, khususnya yang berada di Lamongan dapat segera mendapatkan vaksin ini.

Vaksin tambahnya, melatih sistem imun kita untuk menciptakan protein yang dapat melawan penyakit, yang disebut ‘antibodi’, seperti jika kita terpapar pada suatu penyakit, tetapi perbedaan pentingnya adalah bahwa vaksin bekerja tanpa membuat kita sakit.

“Orang yang telah diimunisasi, diharapkan dapat terlindung dari penyakit yang bersangkutan dan tidak dapat menyebarkannya, sehingga memutus rantai penularan, untuk itu jangan takut dan ragu untuk melaksanakan vaksinasi,” terangnya.

Dalam konsep kekebalan kelompok, sebagian besar penduduk diimunisasi, sehingga menurunkan jumlah keseluruhan virus yang dapat menyebar ke seluruh populasi.

Alhasil, tidak semua orang perlu diimunisasi agar terlindungi. Hal ini membantu memastikan bahwa kelompok-kelompok rentan yang tidak dapat diimunisasi tetap aman.

Kepala PPM AAL berharap, bantuan yang diberikan AAL ini dapat menaikkan cakupan imunisasi sehingga herd imunity warga kawasan Lamongan Jatim akan segera terbentuk dan secara bersama sama dapat memutus rantai penyebaran Covid-19.

Ia juga berharap masyarakat tetap disiplin menerapkan 5M dalam protokol kesehatan, yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilisasi dan interaksi.(wan/aal)

Related posts

DP5A Dampingi Tiga Pelajar Surabaya Mabuk Minuman Keras

Wawan Sipro

Prajurit siswa TNI AL Satdik 3 Sorong Lattek di KRI Tarakan 905

Wawan Sipro

Jum’at Barokah, SMK KAL -1 Bagikan Zakat Fitrah

Wawan Sipro

Leave a Comment