Image default
Headline Kesehatan Pemerintahan Pendidikan

Kodim 1505/Tidore Laksanakan Samapta Periodik Semester 1 TA. 2021

 

Tidore, prestasijatim.com  – Prajurit Kodim 1505/Tidore melaksanakan tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik Semester 1 TA. 2021 yang diselenggarakan di Lapangan Makodim Jln. Mayor Daud Umar Kelurahan Goto, Kecamatan Tidore, Kota Tidore Kepulauan. Kamis (20/5/21).

Tes Samapta ini merupakan program rutin yang dilaksanakan orang setiap prajurit dengan tujuan untuk mengecek serta meningkatkan kemampuan fisik para prajurit TNI-AD khususnya Kodim 1505/Tidore, sehingga dalam menjalankan tugas pokok bisa berjalan dengan maksimal dan lancar.

Dalam pelaksanaannya, seluruh anggota diwajibkan mengikuti protokol kesehatan, yaitu pemeriksaan suhu tubuh, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun yang telah disediakan dan menjaga jarak.

Selanjutnya dilakukan tahapan kesamaptaan jasmani, meliputi pengisian blangko ceklis pemeriksaan tensi darah oleh Tim Kesehatan dari Polkes Kodim/Tidore dan dilakukan peregangan, pemanasan untuk menghindari cidera saat pelaksanaan Samapta.

Pelaksanaan Samapta ini, meliputi Samapta A dan B. Samapta A yakni lari 12 Menit yang dilaksanakan di Track Lari Lapangan Makodim dan tes kesegaran B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up selama 1 menit, Lunges serta Shuttle Run yang dilaksanakan di Lapangan Apel Makodim.

Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Bunzamin Jayatri, SE, Ak, M.M., mengatakan, “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan membina kemampuan Fisik serta mengukur kemampuan para personel, dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok TNI-AD terutama di wilayah Kodim 1505/Tidore, Ujar Dandim.

“Tes Kesegaran Jasmani ini merupakan program yang harus dilaksanakan oleh setiap prajurit TNI-AD khususnya prajurit Kodim 1505/Tidore, serta menunjang bagi prajurit yang akan melaksanakan usul kenaikan pangkat, maupun sebagai kelengkapan adminitrasi mengikuti pendidikan dalam alih golongan, serta program lainya. Untuk itu, apabila ada waktu kegiatan pembinaan fisik harus dilatihkan secara teratur dan berjenjang”, pungkas Dandim.

Dandim menekankan kepada seluruh anggota yang akan melaksanakan tes kesegaran jasmani, agar melaksanakan dengan serius dan tetap memperhatikan faktor keamanan diri sendiri, jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri (wan/kdm.tdr)

Related posts

Dirjen IKP Niken Masuk sebagai “The Power of Women” versi GlobeAsia

Wawan Sipro

Pemkab Mojokerto terapkan pembelajaran tatap muka mulai 24 Mei

Wawan Sipro

Ikuti Perkembangan Teknologi, STTAL Menyelenggarakan Kuliah Umum Nanoteknologi

Wawan Sipro

Leave a Comment