Image default
Headline Indeks Kesehatan Komunitas Pendidikan

Lebih dekat dengan Perguruan TS Dinoyo yang Raih banyak Prestasi

 

Surabaya, prestasijatim.com- Setiap Selasa dan Kamis Sore di salah satu sudut Kampung Dinoyo tepatnya dijalan Dhoho Kelurahan Keputran Surabaya kerap diramaikan oleh aktifitas beladiri sekumpulan anak – anak dan remaja belajar pencak silat.
Ya, itulah Perguruan Pencak Silat Tapak Suci Dinoyo. Beladiri asli Nusantara yang kini semakin diminati kawula muda dari penjuru Kota Surabaya. Ragam gerakan bertahan dan menyerang dan ataraksi seni beladiri selalu ditunjukkan dalam latihan rutin tersebut.
Sang guru utama, Totok menjelaskan, kekhawatiran pergaulan bebas kaum muda yang mengarah ke hal negatif membuat dirinya terpanggil untuk terus sumbasih mengajar di perguruan silat ini.
“Meneruskan amanah dari guru saya, ditambah pergaulan kaum muda yang mengarah ke hal negatif serta kekhawatiran melihat tingginya angka kriminalitas. Akhirnya, saya memutuskan terus memberikan bimbingan pada kaum muda di perguruan silat ini,” kata pria yang murah senyum ini.
Sebelum ikut beraktifitas dalam beladiri TS Dinoyo tersebut, calon pesilat yang berniat ingin bergabung terlebih dahulu harus berjanji melaksanakan beberapa persyaratan mutlak perguruan.
“Tak banyak syarat untuk bergabung di perguruan ini. Hanya konsisten melaksanakan apa yang diperintahkan, seperti latihan dan jangan pernah menjalankan apa yang dilarang agama,” papar pria ramah ini
Adapun beberapa syarat akhlakul karimah yang diminta diantaranya, jangan meninggalkan salat 5 waktu, tidak boleh mengkonsumsi makanan dan minuman yang haram serta menjauhkan diri dari kesombongan, keriaan, takabur dan sifat-sifat mudharat lainnya. “Kalau semua persyaratkan pokok perguruan siap dipenuhi dan berjanji setia untuk melaksanakan, barulah calon pesilat boleh ikut latihan,” tuturnya.
Aktifitas rutin sebelum melakukan olah fisik, seluruh anggota yang sudah bergabung diharuskan berkumpul di area latihan untuk melakukan doa sebagai rasa syukur pendekatan diri kepada sang pencipta.
Kini berkat kegigihan para guru silat yang tergabung di TS Dinoyo,perguruan ini sudah kian banyak mengukir prestasi dari berbagai event kejuaraan, baik lokal maupun Nasional. Seperti baru – baru ini pada Kejuaraan Tapak Suci Competition (Spartan) 2020 Se Jawa Timur di Kaza 10 – 12 di Plaza Kapas Krampung Surabaya.
“Alhamdullilah di Tapak Suci Competition (Spartan) 2020 Se Jawa Timur, Perolehan Medali pesilat TS Dinoyo dengan berbagai katagori cukup banyak, diantaranya yang meraih Juara 1 Abimanyu, Wildan, Ilham, Khrisna, Abidin, Aliyah, Fella, Radeef. Juara 2 ada Arya, Nayla, Keyla, Wildan, Aan. Sementara Juara 3 ada Hiva, Putu, Raghid, Bima, Titania.” terangnya
Sebelumnya, lanjutnya dalam open pencak silat tournament tingkat Nasional Kota Pahlawan Championship 1 di Surabaya, pada 23-25 November 2019, di GOR Futsal Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. TS Dinoyo juga memborong banyak mendali dan masih banyak kejuaran – kejuaran lainnya.
Pelatih TS Dinoyo ini juga mengatakan perguruan ini ingin menciptakan para pesilat yang tangguh namun beradab. “Filosofinya dari padi, semakin berisi semakin merunduk,” imbuhnya.
Masih Kata Totok selain itu juga TS Dinoyo akan tetap meningkatkan dan menunjung tinggi sportifitas dalam setiap pertandingan yang diikuti, serta menjalin hubungan tali silaturahmi antar saudara perguruan, masyarakat dan pemerintah.
” Terima kasih warga Dinoyo, terima kasih juga buat para orang tua yang mempercayakan anaknya untuk menimba ilmu disini. Terima kasih juga pada pihak kelurahan yang telah memfasilitasi tempat berlatih serta pak RW dan LPMK setempat yang juga turut mensupport TS Dinoyo.” pungkasnya. (wan)

Related posts

Wujudkan Babinsa Ramah Anak, KB Tunas Robbani Kunjungi Markas Koramil Sumberejo

Wawan Sipro

Sedekah Laut di Tegal untuk Lestarikan Kearifan Lokal

Wawan Sipro

Sekolah Lapang Cuaca Tingkatkan Produktivitas Tangkapan Nelayan

Wawan Sipro

2 comments

Leave a Comment