Image default
Komunitas

PT Pertamina Dukung Gerakan Bersih-bersih Kali Surabaya

 

Surabaya,prestasijatim.com– PT. Pertamina Marketing Operational Region (MOR) Terminal Pengisian Bahan Bakar Minyak (TBBM) Surabaya Group (SG), mendukung kegiatan yang berorientasi pelestarian lingkungan hidup, khususnya di bantaran Kali Surabaya.. Sadar perusahaannya juga bersinggungan langsung dengan lingkungan, maka perusahaannya sangat menyadari untuk menjaga alam lingkungan hidup.

Operation Head PT. Pertamina Marketing Operational Region (MOR) TBBM.SG, Ahmad Yani Lauma, Minggu (3/3 mengatakan melalui program CSR, institusinya telah mempunyai sistem yaitu Sustainablity Compass Nature Economy Welbeing Social, aspek lingkungan, ekonomi, sosial kesejahteraan itu berlangsung secara berkesinambungan.

Melalui pendampingan oleh Community Development Officer (CDO) selama 5 tahun, akan diinventarisasi kebutuhan dan program-program yang diperlukan mulai dari pelatihan, pendampingan hingga bantuan pengadaan sarana dan prasarana untuk mengembangkan usaha ekonomi masyarakat, hingga Usaha Kecil Menengah bisa tumbuh dan berkembang.

“Saya mengapresiasi gerakan warga untuk melestarikan sungai ini, melalui program CSR. Kami berkomitmen untuk membantu warga yang tinggal di bantaran sungai untuk menata lingkungan dan sekaligus memberdayakan secara sosia dan ekonomi,” terang Yani, pejabat yang telah menghantarkan TBBM.SG ini meraih Proper Emas 2018 dari Kementerian LHK.R.I.

Selain PT Pertamina, gerakan bersih-bersih Kali Surabaya juga mendapatkan dukungan dari sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan Gerakan Balik Kanan. Gerakan ini diprakarsai warga yang tinggal di bantaran Kali Surabaya wilayah Kecamatan Jambangan.

Gerakan ini diedukasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Konsorsium Lingkungan Hidup (KLH) mendapat dukungan dari Pemerintahan Kecamatan Jambangan, Perum Jasa Tirta I Divisi ASA 2 dan PT. Pertamina (Persero) Terminal Pengisian Bahan Bakar Minyak (TBBM) Surabaya Group (SG).

Kegiatan Gerakan Balik Kanan yang melibatkan warga yang tinggal di stren Kali Surabaya ini berupa kerja bhakti membersihkan bantaran dari sampah dan penanaman pohon serta sosialisasi melestarikan sungai.

Camat Jambangan, Anna Fajriyatin mengatakan Gerakan Balik Kanan ini adalah upaya bersama untuk melestarikan sungai Kali Surabaya terutama di wilayah Kecamatan Jambangan, dengan menghilangkan kebiasaan membuang sampah ke sungai serta memperindah tatanan lingkungan bantaran sungai dengan merubah posisi rumah menghadap sungai bukan membelakangi sungai.

“Gerakan Balik Kanan yaitu balik kanan tidak membuang sampah ke sungai dan merubah posisi rumah agar menghadap sungai demi kelestarian lingkungan sungai dan habitatnya, ke Kali Surabaya ini salah satu sumber air baku untuk air minum maka harus dijaga bersama,” kata Anna disela-sela memimpin kerja bhakti bersama warga, Minggu (4/3).

Direktur LSM KLH, Imam Rohani mengatakan, partisipasi aktif warga yang menghuni di kawasan sepadan sungai ini, harus selalu distimulus terutama oleh pemerintah serta pemangku kepentingan lainnya. Selain sosialisasi namun juga fasilitai program yang terukur, terencana dan terpadu untuk pelestarian lingkungan sungai secara sosial dan ekonomi sehingga masyarakat merasa bergantung terhadap kelestarian sungai.

Langkah tepat telah dilakukan perhatian terhadap sungai ini dari Gubernur Khofifah yang telah sidak susuri sungai Kali Surabaya yang jadi simbol akan perhatian untuk seluruh sungai yang ada di Jatim, lalu deklarasi relawan jaga kali dan lainnya.

Sedang Gerakan Balik Kanan ini bisa diterapkan di seluruh komunitas yang tinggal di bantaran sungai. “Partisipasi aktif masyarakat untuk melestarikan sungai ini adalah tidak membuang sampah ke sungai dan mengingatkan orang lain untuk tidak melakukannya, ini langkah sederhana tapi serius,” ungkap Imam. (wan/jnr/pno)

Related posts

Pengurus bank sampah Kota Madiun dilatih daur ulang plastik

Wawan Sipro

Peduli Wisata, Protec dan Komunitas Seniman gelar Pameran Lukisan

Wawan Sipro

LIPI Kembangkan Teknologi Penangkal Senjata Penyakit Biologi

Wawan Sipro

Leave a Comment