Image default
Pendidikan

Begini cara SMK YPM 2 Taman Sepanjang Sidoarjo Rangsang Siswanya berdisiplin

”Masak anak Paskibraka telat, sih. Ini enggak sesuai ciri kegiatan kami yang penuh disiplin,” kata Santi

Sidoarjo,prestasijatim.com- Aksi Paskibra alias Pasukan Pengibar Bendera di setiap perayaan Kemerdekaan RI selalu jadi pusat perhatian. Ada rasa bangga pada siswa-siswi SMA yang terpilih ini, apalagi bila mereka berhasil menjadi anggota Paskibraka, yang bertugas di Istana Negara, di hadapan Presiden RI.
Hal itulah yang menginspirasi hampir setiap sekolah, baik dikemas sebagai ekskul, kegiatan mandiri di luar OSIS. Seperti halnya kegiatan Paskibraka yang dilatih oleh Handoko di SMK YPM 2 ( Yayasan Pendidikan Ma’arif ) Taman Sepanjang Sidoarjo.
Handoko mengaku mengikuti ekskul Paskibra siswa akan mendapatkan banyak manfaat, diantaranya, melatih diri kedisiplinan, menguatkan fisik, memiliki rasa cinta tanah air, bersosialisasi, memupuk jiwa kepemimpinan tentunya akan membuat bangga oraang tua guru dan sekolah.
” Dsini PBB murni hanya baris-berbaris biasa seperti hadap kanan-kiri. Kalau PBB kreasi, kita berbaris sambil membuat berbagai formasi,” kata Handoko 11/1 disela latihan paskibra di SMK YPM 2 ( Yayasan Pendidikan Ma’arif ) Taman Sepanjang Sidoarjo.
Sementara Dania satu diantara tida siswi yang rutin mengikuti kegiatan paskibraka SMK YPM 2 ( Yayasan Pendidikan Ma’arif ) Taman Sepanjang Sidoarjo, mengaku awalnya memang lebih banyak menguras energi dan membuat kulit terbakar matahari.
”Latihan Paskibrak) bikin kulitku makin hitam, hehehe. Maklum, latihan diadakan di lapangan terbuka saat matahari tengah bersinar terik. Pelaksanaan upacarapun biasanya juga pada siang hari.” ujarnya Dania tersenyum riang
Sementara Santi mengaku termotivatisi ingin menjadi anggota Paskibraka, yang bertugas di Istana Negara, di hadapan Presiden RI. ” Saya ingi yang kebagian membawa bendera Merah Putih atau yang mengibarkannya,” tuturnya Santi.
Menurut Santi mengibarkan bendera membuat ia merasa makin menghargai kemerdekaan bangsa Indonesia.

”Sewaktu memegang Merah Putih, aku membayangkan betapa susah pejuang kita saat mau mengibarkannya. Ini membuat aku lebih menghargai jasa para pahlawan,” ucapnya

Begitu juga dengan Sulis peserta latihan. Dirinya mengaku hal postif yang didapat semenjak mengikuti paskibraka ia merasa malu bila terlambat ke sekolah ”Masak anak Paskibraka telat, sih. Ini enggak sesuai ciri kegiatan kami yang penuh disiplin,” katanya
Semua itu menurut handoko Kekompakan menjadi ciri anggota Paskibraka, tidak hanya kompak antara senior dan junior, tetapi juga antara anggota aktif dan alumni. ” Secara umum mereka mengaku mendapat manfaat dari Paskibraka, antara lain lebih disiplin, kompak, dan fokus pada apa yang harus dikerjakan.” pungkasnya. (han/son)

 

 

Related posts

Panen Raya Ketahanan Pangan, Gubernur AAL : Berani Menanam, Berarti Siap Menuai

Wawan Sipro

UI ternyata miliki Prodi Okupasi Terapi

Wawan Sipro

Kampung Anak Negeri Jadi Contoh Keberhasilan Surabaya Tangani Anak Jalanan

Wawan Sipro

10 comments

Leave a Comment