Image default
Komunitas UKM

Dorong Agar Mandiri, Pelindo 3 Salurkan Dana Kemitraan Rp 1,1 Miliar untuk UKM Jatim

“Total dana yang dikucurkan tahap III / 2018 sejumlah Rp1,190 miliar, disalurkan ke 25 mitra binaan baru.”

 

Surabaya,prestasijatim.com – Diharapkan mampu mendorong pertumbuhan usaha kecil agar mandiri PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) kembali menyalurkan dana kemitraan tahap III/2018 untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di wilayah Jawa Timur (18/12).

CEO Pelindo III Regional Jawa Timur, Onny Djayus dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan terselenggaranya program ini para mitra binaan usaha mikro dan kecil mendapatkan perhatian dalam akses permodalan, akses informasi dan teknologi, maupun akses pasar untuk mengembangkan usahanya.

“Total dana yang yang dikucurkan pada tahap III / 2018 sejumlah Rp1,190 miliar disalurkan kepada 25 mitra binaan baru dari berbagai kota diwilayah Jawa Timur.”ujar Onny.

Adapun ke-25 mitra binaan di tahap ke-3 terdiri dari beberapa bidang usaha meliputi perdagangan, perindustrian, peternakan, hingga jasa. Semua mitra binaan tersebut tersebar di kota Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Nganjuk, Malang, Blitar, Bangkalan, Sumenep, Jombang, dan Gresik.

“Semoga tahun 2019 Kami dapat meningkatkan nilai dana program kemitraan bagi UKM dan harapan kami dari program kemitraan ini dapat membantu para pengusaha kecil dan menengah untuk mampu lebih mandiri secala finansial dan membantu peningkatan ekonomi daerah masing-masing,” tambahnya.

Selama tahun 2018 ini Pelindo III telah menggelontorkan dana kemitraan total Rp3,7 miliar dalam 3 tahap untuk 87 mitra baru di wilayah Jawa Timur, yang terdiri dari : tahap ke-1 sebanyak 42 mitra binaan dengan nilai Rp 1,7 Miliar, dan tahap ke-2 sebanyak 20 mitra binaan dengan nilai Rp 877 Juta. Hingga kini, tercatat sebanyak 540 mitra binaan yang aktif tersebar diseluruh Jawa Timur.

Acara yang dihadiri oleh beberapa pejabat dinas UKM Provinsi Jatim dan Koperasi Pemkot Surabaya dilanjutkan dengan sesi diklat untuk para mitra baru.

“Sudah menjadi program rutin di Pelindo III saat menyalurkan dana program kemitraan tidak hanya memberikan dananya, namun Pelindo III juga terus memantau, mengawasi dan memberikan bekal melalui pelatihan untuk para UKM.”ujar Wilis Aji, Humas Pelindo III Regional Jawa timur disela-sela acara.

Ditemui pada waktu yang sama, Imron Rosidi UKM Home Furniture asal jombang mengatakan bahwa bunga yang ringan dan fleksibel menjadi tambahan modal untuk mengembangkan usaha Home Furniture.

Sementera beberapa materi pelatihan yang diberikan hari ini diantaranya bagaimana mengelola laporan keuangan sederhana, ringkas, rapi dan dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu para mitra juga dibekali pengetahunan mengenai pemasaran online / online Marketing, cara membuat website dan pengetahuan mengenai dunia entrepreneur.

“UKM yang menerima dana kemitraan semua sudah terseleksi. Persyaratannya mencakup banyak aspek, utamanya usaha telah berjalan minimal enam bulan dan memiliki laporan keuangan walaupun sederhana. Sedangkan jasa administrasi hanya tiga persen per tahun dengan jangka waktu pinjaman minimal 24 bulan dan maksimal 60 bulan.” tandas Wilis. (wan/jt)

Related posts

Puluhan Artis Caleg berbagi Ceria Bersama Ratusan Anak Yatim

Wawan Sipro

Pemerintah Resmi Berlakukan Blokir IMEI Ilegal

Wawan Sipro

HUT ke-57 Dharma Pertiwi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Pimpin Lomba Bayi Sehat

Wawan Sipro

1 comment

Leave a Comment