Image default
Pendidikan

Sainstek UINSA Siap Bantu Konsep Pengembangan Wisata Kampung Kerapu Situbondo

Surabaya- Suasana alami dan pemandangan bentang alam dan laut yang indah di tempat wisata baru Pantai Kampung Kerapu Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo menggugah kalangan akademisi perguruan tinggi.

Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya berencana membantu pengembangan wisata ekobahari Kampung Kerapu Situbondo yang baru saja direnovasi tersebut, , agar tetap terjaga lingkungan ekosistem laut dan keaslian alamnya.

“ Melihat keindahan alamnya yang masih asli dan perbaikan fasilitasnya yang masih baru, kami tergugah untuk membantu melestarikan lingkungan ekosistem lautnya, dan juga siap membantu pengembangan wisatanya sesuai dengan nilai-nilai Islami,”ujar Dr. Eni Purwati, M.Ag, Dekan fakultas Saintek UINSA Surabaya, Minggu(16/12).

Ditambahkannya, pihaknya siap melakukan kerjasama dengan pihak pengelola wisata guna membantu memberikan pemikiran untuk konsep pengembangan wisata, diantaranya, konsep kelautan, pelestarian lingkungan dan ekosistem, teknologi informasi dan konsep arsitektur bercirikan Islami. “ Dan hal tersebut dimiliki oleh fakultas Saintek UINSA, dan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,”ujarnya.

Menurut Eni, rencana tersebut muncul, setelah mahasiswa Progam Studi Ilmu Kelautan Fakultas Saintek UINSA menggelar praktikum dengan melakukan observasi dan pendataan eksosistem laut sekitar area wisata pesisir pantai Kampung Kerapu Situbondo.

“ Dari data yang dikumpulkan para mahasiswa Ilmu Kelautan tersebut, kami tergugah, lalu muncul untuk melakukan kerjasama dan membantu pengembangan, sebab ini bagian dari misi perguruan tinggi, yang tidak hanya berbicara teori saja, namun harus mengaplikasikan dan bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan,”ujarnya.

Seperti diketahui, wisata Kampung Kerapu salah satu wisata baru di Kabupaten Situbondo yang akan diresmikan pada bulan Desember 2018 ini, setelah dibangun. Di tempat ini pengunjung dimanjakan dengan perahu wisata menuju rumah keramba berlatar belakang pemandangan gunung baluran yang eksotis.

Tak hanya itu, para penikmat alam ini juga dapat merasakan sensasi memancing di sekitar keramba yang dihuni ikan-ikan besar mulai kerapu, putihan, dan ikan konsumsi lainya.

Konsep yang ditawarkan pada wisata ini adalah family gathering dan eduwisata bahari. Tujuannya, untuk mengenalkan sunberdaya perairan dan konservasi hayati. (jn/wan/mad)

Related posts

SMA HANG TUAH 1 SURABAYA GEBYAR LKBB PARADE 2019

Wawan Sipro

Kemdikbudristek : Tidak Benar Dosen akan Kehilangan Mata Kuliah

Wawan Sipro

Arya, Bocah 9 tahun Asal Surabaya Menangi Kejuaran Nasional Pencak Silat Live Virtual Competition (LVC) 2021

Wawan Sipro

Leave a Comment