Image default
Headline Pendidikan

Bagian Penerangan STTAL Ikuti Latopsdukinfo Aspek Penerangan

 

Surabaya, prestasijatim.com- Kabagpen STTAL Mayor Laut (E) Irawan TB. beserta personel Bagpen STTAL ikuti kegiatan gabungan jajaran Dinas/Bagian Penerangan Wilayah Surabaya dalam Latihan Operasi Dukungan Informasi (Latopsdukinfo) Aspek Penerangan TNI Angkatan Laut TA 2020 yang bertempat di Dinas Penerangan (Dispen) Koarmada II Ujung Surabaya. Selasa (07/09/2020).

Dinas Penerangan Angkatan Laut menyelenggarakan Latihan Operasi Dukungan Informasi (Latopsdukinfo) Aspek Penerangan TNI Angkatan Laut TA 2020 yang dibuka oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc.Sc., secara Virtual dari Gedung Dispenal, Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur.

Latihan ini bertujuan dalam rangka meningkatkan kemampuan dukungan informasi aspek penerangan, maupun dalam meningkatkan taktik, teknik dan prosedur operasi di lingkungan TNI Angkatan Laut

Dalam sambutannya Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, S.E., M.M., M.Soc.Sc., menyampaikan bahwa sebagai personel penerangan, wajib memiliki kemampuan dalam bidang peperangan informasi (perang opini) dalam rangka mendukung tugas pokok TNI/TNI AL dalam menegakkan kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk itu, dalam rangka meningkatkan profesionalisme prajurit TNI Angkatan Laut Profesi Penerangan pada tahun 2020 ini, walau dalam suasana Pandemi Covid – 19, kita tetap melaksanakan latihan ini.

Latihan Opsdukinfo aspek penerangan sekarang ini akan dilaksanakan secara virtual baik di Jakarta, Surabaya, Sorong dan khusus untuk di Jakarta dikombinasikan dengan manual bertempat di Dispenal.

Latihan secara virtual perlu dilaksanakan jajaran penerangan, karena kedepan perang informasi sesungguhnya adalah maya, dimanapun tempat kita berada tidak menjadi problem, yang utama adalah sarana jaringan internet dalam mendukung pelaksanaan peperangan informasi.

Perang informasi era digital adalah perang opini yakni membentuk opini dan kontra opini sehingga musuh bisa mengikuti atau memenuhi keinginan kita menggunakan sarana digital terutama berbasis internet.

Untuk itu, diharapkan kepada para peserta latihan supaya berlatih dengan sungguh-sungguh sehingga bisa mendapatkan manfaat latihan ini, minimal mengerti dan memahami tugas-tugas personel penerangan dalam pelaksanaan Operasi Militer Perang (OMP).

Kegiatan latihan ini berlangsung selama 5 hari yang dimulai tanggal 07 s.d. 11 September 2020 yang terbagi dalam tiga wilayah gabungan jajaran penerangan TNI AL, baik Jakarta, Surabaya dan Sorong, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan oleh Pemerintah pada masa Pandemi Covid-19 sekarang ini.

Kegiatan ini diikuti peserta dari Dispenal, Koarmada I, Seskoal, Kolinlamil, Lantamal III,Pasmar I Jkt, Koarmada II, Lantamal V, Kodiklatal, Pasmar II Surabaya, Puspenerbal, AAL, STTAL, Koarmada III, Lantamal XIV dan Pasmar III Sorong.(sttal/wan)

 

Related posts

Bisnis Oleh-oleh, Mahasiswa Surabaya Berinovasi Buat Mainan NEKA

Wawan Sipro

Dihadapan Civitas IPDN, Pakde Karwo Tekankan Pentingnya Leadership Birokrasi

Wawan Sipro

Wabup Madiun : Peran keluarga sangat penting dalam menciptakan budaya membaca.

Wawan Sipro

Leave a Comment