Image default
Headline Pendidikan

HANG TUAH NATIONAL ENGLISH OLYMPIAD LIBATKAN 19 SATUAN PENDIDIKAN SETINGKAT SMA/SMK SERTA 5 SATUAN PENDIDIKAN SETINGKAT SMP

Surabaya,prestasijatim.com – Hang Tuah National English Olympiad yang berlangsung secara terpusat di SMA Hang Tuah 1 Surabaya i melibatkan 19 satuan pendidiakan dari 11 SMA dan 8 SMK dari 8 Cabang dan 1 Binaan Pengurus Pusat Yayasan Hang Tuah Jakarta.

Hang Tuah National English Olympiad secara nasional di laksanakan dari tingkat SMA dan SMKĀ  melibatkan satuan pendidikan dari cabang Surabaya 4 SMA dan 2 SMK, cabang Belawan 1 SMA dan 2 SMK, Binaan PPYHT 1 SMA dan 3 SMK, cabang Lampung 1 SMA, Makasar 1 SMA, cabang Mataram 1 SMA, cabang Tarakan 1 SMA , cabang Nias 1 SMA dan cabang Tanjung Uban 1 SMK.

Sedangkan pada tingkat SMP hanya di laksanakan olen Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya melibatkan 5 satuan pendidikan, SMP Hang Tuah 1, SMP Hang Tuah 2, SMP Hang Tuah 4, SMP Hang Tuah 5 dan SMP Hang Tuah 6 Excellent.

Pelaksanaan Olympiad kali ini di ikuti oleh 57 peserta di tingkat SMA/SMK se Indonesia dan 15 peserta dari 5 satuan pendidikan di tingkat SMP yang tersebar di Surabaya- Sidoarjo. Pelaksanaan tes dilaksanakan di cabang masing-masing dan terpusat di Cabang Surabaya tepatnya di SMA Hang Tuah 1 Surabaya.

Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksamana Muda TNI (Pur) Amri Husaini membuka secara resmi jalannya Hang Tuah National English Olympiad dari cabang Binaan PPYHT Jakarta. Seluruh peserta dapat termonitor kesiapan jalannya Olympiade sehingga dengan komunikasi yang lancar memudahkan para peserta menyelesaikan soal-soalnya .

Harapan dari Ketum Yayasan Hang Tuah meskipun dalam prakteknya penyelenggaraan Hang Tuah Natoional English Olympid secara terpisah dan berjauhan antar propinsi, namun dengan kemajuan teknolgi saat ini, semuanya dapat dilakasanakan tanpa ada kesulitan. “Mudah-mudahan akan menghasilkan calon-calon ilmuwan Indonesia yang mumpuni dimasa-masa mendatang dan hal ini di lahirkan dari satuan pendidikan Yayasan Hang Tuah yang kita miliki.” tuturĀ Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya.” ujar

Sementara itu Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya menuturkan bahwa tujuan di selenggarakannya Hang Tuah National English Olympiad (HT-NEO) 2020 ini yakni untuk menanamkan suatu pola pikir dan paradigma baru dalam Bahasa Inggris sehingga dapat mewujudkan generasi muda yang cerdas dan berwawasan global, menghasilkan peserta didik yang memiliki kualitas tinggi pada pemahaman dan kemampuan dalam bidang ilmu Bahasa Inggris, melatih kepribadian peserta didik untuk tampil percaya diri, dan membangun character building peserta didik bahwa akhir dari kompetisi bukan selalu kemenangan. Namun kekalahan adalah kesempatan memperbaiki diri.

Penyelenggaran Olimpiade Bahasa Inggris kali ini dalam menyambut HUT Yayasan Hang Tuah ke-73 tahun 2020 bekerja sama dengan PT.ASTA Ilmu Sukses, dan Oxford University Press. Olimpiade Bahasa Inggris kali ini merupakan olimpiade ke – 2 yang diselenggarakan di lingkup Yayasan Hang Tuah. Sesuatu yang sangat spesial pada acara kali ini yaitu diselenggarakannya olimpiade pertama kali secara online yang diikuti oleh seluruh SMA/SMK Cabang Hang Tuah di berbagai kota di Indonesia.

Harapannya dengan diselenggarakannya olimpiade ini adalah agar siswa di lingkup Yayasan Hang Tuah dapat terus termotivasi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, ujar Adi Rachmadi selaku Region Head for East Java and Manado PT. ASTA Ilmu Sukses.

Nicolaus Pietersz selaku perwakilan Oxford University Press di Indonesia dan juga salah satu juri dalam Olimpiade kali ini menyatakan sangat senang melihat perkembangan dan potensi serta antusiasme yang dimiliki oleh anak muda sekarang dalam belajar Bahasa Inggris.

Ketua penyelenggara Ira Fatukawati , S.Si., M.Pd yang kesehariannya sebagai Kepala Sekolah SMP Hang Tuah 6 Excellen lebih jauh menerangkan bahwa pelaksanaan ujian sesi pertama meliputi tes CBT on line grammer, vocabulary, readingdan listening. Sesi pertama di ambil masing masing 5 dari rangking aling atas baik di tingkat SMP maupun SMA/SMK.

Siswa yang berhasil menjadi nominasi 5 terbaik di tingkat SMA , terdiri dari Johanes dari SMA Hang Tuah 1 SBY, Salva Givari SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, Aya Hariri SMA Hang Tuah 5 Sidoarjo, M.Reva SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo dan Azel SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo.

Untuk 5 terbaik di tingkat SMP, terdiri dari : Naura SMP Hang Tuah 1, Nadia SMP Hang Tuah 2 Surabaya, Berbi SMP Hang Tuah Excellent 6 Sidoarjo, Belva SMP Hang Tuah 1 Surabaya, dan Alfreda SMPHang Tuah Excellent 6 Sidoarjo.

Dari masing-masing 5 peserta di tingkat SMP dan 5 peserta di tingkat SMA , mereka pada sesi terakhir beradu dengan Music and storytelling performance untuk selanjutnya di ambil 3 terbaik sebagai pemenangnya.

Pemenang Olimpiade Bahasa Inggris tingkat SMP cabang Surabaya : Juara 1 Alvergha putra dari SMP Hang Tuah 6 Excellent, Juara 2 Nadya putri k SMP Hang Tuah 2 Surabaya, Juara 3 Berdy Karunia dari SMP Hang Tuah 6 Excellent Sidoarjo

Tingkat SMA Nasional Olimpiade English Juara 1 Deva SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo, Juara 2 Azel Destiano Sidoarjo SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo dan Juara 3 Johanes SMA Hang Tuah 1 Surabaya. Kepada para pemenang Yayasan Hang Tuah memberikan Tropi, Piagam dan dana pembinaan yang di serahkan secara simbolis oleh Ketua Pengurus Yayasan Hang Tuah Cabang Surabaya Drs. SD Seputa,S.K.M., M.M (YTH/dar)

Related posts

IDI yakini vaksinasi bisa hentikan penularan COVID-19 di Indonesia

Wawan Sipro

Sidoarjo Miliki Bioskop Mini Literasi Anak

Wawan Sipro

Peringati World Down Syndrome Day, Arumi Ingatkan Pentingnya Support System

Wawan Sipro

Leave a Comment