Image default
Kesehatan Komunitas Pendidikan

LIPI Kembangkan Teknologi Penangkal Senjata Penyakit Biologi

Cibinong – Perkembangan Teknologi yang semakin pesat di seluruh dunia menuntut adanya pemutahiran kemampuan teknologi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia LIPI, dengan meluncurkan Laboratorium Biosafety Level 3 di Cibinong, Kabupaten Bogor, 14/12.
Dalam Laboratorium itu terdapat sejumlah peralatan modern yang bisa mendukung pengembangan produksi pangan dan obatan berbasis bioteknologi, dan biologi sintetik.
Kepala LIPI Laksana Tri Handoko menjelaskan, virus penyakit dari seluruh dunia semakin berkembang dengan adanya sejumlah kejadian luar biasa yang ada di Indonesia, seperti SARS, Flu Burung dan TB. LIPI juga berperan aktif menjaga stabilitas keamanan dari bahaya serangan senjata biologi yang bisa mengancam kehidupan masyarakat.
“Koordinasi dengan TNI juga berjalan untuk memberikan informasi tentang adanya bahaya senjata biologi untuk mencegah adanya serangan dalam dan luar negeri,” ujarnya.
Dalam Laboratorium ini juga tetap menjaga komitmen kualitas vaksin yang diperoleh dari peneliti yang bekerja menciptakan vaksin dari sejumlah penyakit. Peneliti di Laboratorium itu juga mendapatkan pengamanan standar Internasional agar aman dari infeksi virus saat memeriksa penyakit ganas.
Dari laboratorium itu juga akan menghasilkan prototype, produk pangan dan obatan yang sudah sesuai dengan standar halal dan mutu Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). (wan/jpp/rri)

Related posts

Perpustakaan Kota Madiun tambah 1.500 koleksi buku digital

Wawan Sipro

Mahasiswa Stikes Hang Tuah dilatih Search And Rescue

Wawan Sipro

Raih Medali Emas dan Perak, Kakak Beradik ini Bikin Kejutan di Kota Pahlawan Championship

Wawan Sipro

Leave a Comment